candlestick-pattern-tradings

Pentingnya Sebuah Candle Konfirmasi & Bollinger Bands

Ada 2 jenis pola candlestick dalam hal perlu/tidaknya menunggu candle konfirmasi sebelum menunjukkan arah trend, yaitu; pola candlestick yang membutuhkan candle konfirmasi pada next-candlenya dan candlestick yang cukup kuat sehingga tidak membutuhkan candle konfirmasi.

Penting bagi kita untuk mengetahui perbedaan jenis-jenis pola candle, dimana pada kelompok pertama kita diharuskan menunggu konfirmasi candle untuk mengambil posisi, karena jika tidak, kita akan terlalu cepat mengambil keputusan, itu sangat mungkin posisi yang kita ambil mengakibatkan Loss.
Kelompok kedua, kita dapat mengambil posisi tanpa harus menunggu candle berikutnya sebagai konfirmasi, malahan jika kita menunggu candle berikutnya, kita akan kehilangan momen gerakan besar yang mengakibatkan kita terlambat mengambil posisi.

Kita dapat perhatikan pada beberapa candle, saat market bergerak kuat  Candle-candle ini memiliki body lebar dengan wick (bayangan/ekor) kecil, yang mencerminkan kekuatan gerakan. Kemudian, setelah beberapa candle, market tampak mulai melambat dan kita melihat candle yang memiliki body lebih kecil dengan upper-wick dan down-wick yang panjang. Beberapa dari candle ini bahkan tidak memiliki body sama sekali, dimana harga open dengan harga close sangat rapat. Seperti yang kita ketahui Candle ini disebut dengan Doji.

Doji mencerminkan keraguan market. Ini berarti market tidak tahu atau belum menentukan apakah dapat terus bergerak menuju arah yang sama, atau sudah saatnya untuk berhenti dan berbalik arah (reverse/reversal).

Sebagai ilustrasi; ketika sebagian besar trader mengambil posisi BUY, market tampak naik dengan kuat dan market membentuk candle-candle bullish dengan body yang strong. Kemudian, ketika banyak dari mereka berpikir bahwa sekarang adalah waktu untuk menjual dan mengumpulkan keuntungan, market berhenti naik tidak sekuat sebelumnya, candle-body menjadi lebih kecil.
Terlepas dari ini, beberapa trader masih berpikir bahwa harga yang akan terus naik, dan mereka tetap dengan posisi BUY. Oleh karena itu harga menjadi naik dan turun dalam range yang rapat. ini adalah waktu dimana Doji mulai terbentuk. Begitu pula halnya ketika sebagian besar posisi trader melakukan SELL, harga menjadi turun dan kita akan memiliki candle-candle bearish dengan body yang kuat. Kemudian saat beberapa dari mereka menjual dan beberapa dari mereka membeli, doji akan terbentuk.

Sekarang pertanyaannya adalah apa yang akan terjadi ketika Doji muncul? Apakah harga terus mengikuti arah yang sama, atau akan melakukan reverse?

Satu Doji tunggal yang tidak memiliki bayangan cukup panjang, tidak berarti bahwa harga akan berbalik, kecuali candle konfirmasi dengan bentuk body yang kuat terbentuk setelah Doji tersebut. Misalnya, saat harga naik kemudian membentuk Doji, dan kemudian sebuah candle bearish yang juga kuat terbentuk setelah Doji tersebut, kemungkinan besar market akan reverse dan akan turun setidaknya setelah beberapa candle. Dalam hal ini, kita dapat mengambil kelebihan dari Bollinger Bands. Jika Doji dan konfirmasi reversalnya menunjukkan breakout kuat pada Upper Bollinger Bands, maka di titik itulah sangat memungkin harga berbalik arah untuk turun.

__untitled0

Ada beberapa kasus dimana candle-candle Doji terbentuk berturut-turut dengan bayangan yang panjang (High Wave). Dalam hal ini, kita tidak perlu menunggu candle konfirmasi seperti kasus di atas. Jika candle-candle Doji yang berurut tersebut memiliki bayangan atas dan bawah yang panjang, maka kemungkinan besar harga akan segera berbalik dengan sangat kuat.
Sebenarnya kita masih bisa menunggu candle konfirmasi, tetapi hal ini dapat menyebabkan keterlambatan dan kita kehilangan kesempatan pada pergerakan yang besar.

__untitled1

Kasus lain yang tidak memerlukan candle konfirmasi adalah ketika kita melihat adanya pattern bullish-engulfing atau bearish-engulfing yang besar dan kuat diikuti dengan breakout Bollinger Bands yang kuat. Ketika hal ini terbentuk pada grafik, kita dapat mengambil posisi setelah close engulfing-candle, tanpa harus menunggu konfirmasi. Harap dicatat bahwa Piercing-Line dan Dark-Cloud-Cover keduanya adalah bentuk lain dari pola jenis engulfing. Jadi Piercing-Line dan Dark-Cloud-Cover harus diperlakukan sama. Maksudnya ketika pola-pola ini terbentuk cukup kuat dengan breakout BB yang kuat, kita tidak perlu menunggu candle konfirmasi.

__untitled2

__untitled3

Kasus lain yang tidak memerlukan konfirmasi candle adalah ketika ada breakout Bollinger Bands yang kuat. Seperti di bawah ini hampir 95% dari candle yang terbentuk dan menembus Lower Bollinger Bands. Selain itu, candle memiliki body dan bayangan yang panjang. Semakin besar candle dan bayangan, semakin kuat BB tersebut breakout, maka akan semakin kuat gerakan reversalnya.
Dan ketika 100% dari candle yang terbentuk keluar dari Bollinger Bands; Apakah Anda berpikir bahwa kita harus menunggu candle konfirmasi? Tentu saja tidak.

__untitled4

Harap dicatat bahwa; bahkan ketika ada sinyal yang sangat kuat seperti contoh di atas, memasang stop loss yang wajar adalah suatu keharusan! Tidak ada jaminan di pasar forex. Oleh karena itu, ketika kita menemukan bentuk sinyal/pola yang kuat, kita harus tetap memasang stop loss. Itu tidak semua, kita masih harus memindahkan stop loss untuk pada titik breakevent jika arah kita benar.

Candlestick adalah indikator yang luar biasa untuk trading. Learn them properly!

-doct-

Leave a Reply