Sebuah Percakapan tentang RSI Divergence

David :
Saya seorang newbie dan masih mencari teknik yang cocok, jadi j
angan berharap banyak dari saya. Posting ini karena saya ingin menemukan jawaban yang benar dari anda yang lebih berpengalaman.

Ini tentang RSI Divergence, dan untuk mendapatkan hasil maksimal dari pengetahuan saya tentang RSI ada beberapa hal yang ingin saya konfirmasi.
1 – Jika divergence itu diambil dari harga tertinggi/osilator, maka akan selalu Bearish.
2 – Jika divergence itu diambil dari harga terendah/osilator, itu selalu Bullish.

3 – Divergence tersembunyi (Hidden Divergence) adalah yang paling kuat dari pada Regular divergence. Dan secara kuat pula dapat menunjukkan bahwa tren mungkin akan berlanjut.
4 – Semakin pendek waktu antara awal dan akhir divergence maka akan semakin kuat.
5 – Setiap kali sebuah divergence terlihat safe dengan asumsi candle yang menutup divergence, hal ini akan menunjukkan zona support / resistance.
Ke 5 aturan tersebut adalah aturan sederhana yang selama ini saya percaya, dan jika aturan ini benar adanya maka ini akan sangat membantu strategi trading saya.
Terima kasih sebelumnya
untuk semua masukan yang bermanfaat dari anda.

James007 :
Saya melakukan percobaan pada hari Senin dengan Indikator RSI. Indikator ini memberikan sinyal aktif di semua mata uang dan semua time frame.
Strategi yang saya coba adalah dengan menempatkan 2 posisi yang berlawanan satu sama lain (straddle). Saat sinyal terjadi, saya menempatkan BUY dan SELL secara straddle. Masing-masing dengan Take Profit 10 pips. Posisi yang mengikuti tren selalu close profit pertama, kemudian trend divergensi akan close profit pada hari itu juga.

David :
Saya pribadi menggunakan RSI untuk menentukan support dan resistance di TF yang lebih tinggi. Kemudian pada TF yg lebih rendah saya mencari signal. Tapi setup anda tampak benar-benar lebih advance.

Wight :
halo david, aturan #1 dan #2 sudah benar. Untuk
rule #3, hidden-divergence tidak selalu menunjuk kepada signal yang akan meneruskan trend.
Apakah hidden-divergence “lebih kuat” ? Ada video youtube di mana presenter mengatakan dia mendapat tingkat kemenangan hingga 90% pada strategi hidden-divergence nya, dengan asumsi menggunakan SL/TP yang sama di kedua hidden dan regular divergence, kemudian hidden-divergence kebih memungkinkan menghasilkan lebih banyak pips.
Adapun dua aturan terakhir, #4 dan #5, saya kira itu tergantung pada bagaimana Anda mendefinisikan ‘end of’ dan ‘close of’ dari divergence itu. RSI Divergensi mungkin memiliki beberapa puncak atau lembah sebelum harga berubah sesuai arah yang diharapkan, sehingga anda mungkin mengalami beberapa loss sebelum mendapatkan profit.
Khusus
mengenai aturan #4, saya tidak punya bukti empiris, tapi pengalaman saya menunjukkan bahwa tidak ada korelasi kuat dalam hal ini.
Dan bagi
anda sebagai pemula yang akan melompat ke setup divergence, ini memang bisa menjadi strategi yang kuat, tapi biasanya strategi ini digunakan oleh trader yang lebih berpengalaman. Saya yakin anda akan melakukannya dengan baik dalam karir trading forex anda.

James007 :
Di bawah ini adalah indikator yang dimaksud. Sangat berguna untuk eksperimen RSI Divergence pada platform MT4 anda.
RSI dan CCI Divergence Indikator akan memberikan sinyal untuk mengambil posisi dan juga menunjukkan dari time-frame mana sinyal tersebut berasal.
Saya ingatkan juga bahwa tren mungkin terlebih dahulu berlanjut sebelum berubah arah. (Ini bukan soal jenis hidden-divergence atau regular-divergence, tetapi ketika akan berubah arah, harga bisa mencapai 150 pips sebelum tren berbalik). Tapi itu tetap akan profit pada akhir hari atau hari berikutnya jika anda mengambil straight-trading.
Saya akan bereksperimen dengan Straddle.

CCI Divergence
RSI Divergence
RSI On Chart


David :
Terima kasih atas masukannya.

Tentang aturan #4, jujur saya katakan bahwa saya telah membuktikan korelasi itu. Saya mengambil aturan #4 ini dari apa yang ditulis oleh John Hayden dalam bukunya.
Dan ya saya setuju dengan anda bahwa biasanya yang menggunakan strategi Divergence adalah trader yang berpengalaman. Dan dengan strategi ini saya berharap setidaknya bisa mendapatkan kelebihan divergence.
Hey James007, Terima kasih untuk indikatornya, untuk saat ini saya tidak sedang menggunakan mt4 tapi saya akan mencobanya, karena saya memang sedang mencari tahu semua hal tentang RSI 😀

James007 :
Saat ini tampaknya saya telah mengambil keuntungan dengan menggunakan:
RSI Divergence Indikator Dan CCI Divergence Indikator
Saya hanya hanya menggunakan 2 indikator itu. Sinyal mereka seperti yang saya tulis di bawah. Saya tidak menggunaka teknik straddle saat ini.
Classical Bearish Divergence = SELL Sinyal
Reversal Bullish Divergence = SELL Sinyal
Classical Bullish Divergence = BUY Signal
Reveral Bearish Divergence = BUY Signal

David :
Ok kembali ke topik RSI.
Saya sudah berusaha untuk mengembangkan strategi sendiri sekitar RSI; ide, pengujian, gagal, pengujian, ide-ide lagi, gagal lagi, dan ulangi terus 😀
Satu hal yang baik bahwa saya telah menemukan beberapa hal menarik dari ide terakhir saya yaitu saya sebut
sinkronisasi.
Pada dasarnya itu seperti harga bergerak turun, lower highs, lower lows, dan gerakan RSI persis sama, lower lows, lower highs. Saat itulah saya mencari setup, harga saya sinkronkan dengan oscilator, dan ketika harga overbought (setelah sebelumnya oversold) maka saya akan entry short.
Saya telah diuji secara manual di beberapa pasang (saya masih bodoh untuk pengujian otomatis), selalu dengan lebih dari 2:1 RR dan pada time frame H1 itu tampak baik-baik saja.
Hari ini dengan analisis saya sebelum pembukaan London dan..  ya ampun, lihatlah! 107 pips di 4 pair dalam waktu kurang dari 2 jam. Perhatikan, ini adalah usaha pertama saya pada akun live dan mungkin akan menjadi setup & strategi saya ke depan. Tapi, mungkin tidak akan berhasil dalam jangka panjang, ini hanya lah permulaan.
Aku lampirkan setup dari USD/CHF dengan posisi open dan close nya. Dan tolong beritahu saya dengan kritik, saran dan ide-ide.
Aku masih mencoba pada setup divergence (divergence inside a divergence).
Harapan saya strategi ini bukan keberuntungan sesaat. Saya tahu saya bisa! Saya hanya perlu melalui langkah terakhir ini, untuk kemudian memiliki rencana trading yang paling tepat bagi saya.

usd-chf-h1-20160921-short-open

usd-chf-h1-20160921-short-close

Terima kasih semua

Wight :
david, dalam analisis saya; grafik pertama menunjukkan bearish divergence regular, diikuti dengan penurunan harga tapi tidak ada bullish divergence. Grafik ke dua juga menunjukkan bearish divergence reguler, tetapi ada bullish divergence regular di ujung kanan grafik. Jadi, berdasarkan setup divergence, disini anda akan memiliki 2 sell dan 1 sinyal buy. Sinyal sell yang bagus, dan tidak tahu apa yang terjadi dengan posisi buy nya.

David :
Terima kasih atas analisa anda, wight. Untuk memperjelas, saya tidak melakukan straddle trading. Harga bertindak sesuai dengan osilator dan sebaliknya. Ini hampir sama dengan logika rumah sherlock pada adalah novel The Hound dari Baskervilles 🙂
Fakta nya divergence itu tidak berarti dia akan menjadi setup yang bagus dan respect terhadap gerakan market. Saya masih harus menulis inti dari keseluruhan strategi ini dan mengujinya. Agar bisa menjelaskan setidaknya untuk diriku sendiri; apa, kapan dan mengapa.
Saya akan mencoba droping beberapa ide dan kesimpulan di sini.
Terima kasih untuk anda semua telah meluangkan waktu untuk saya di sini
.

Cross :
Saya pikir, hanya dengan RSI saja tidak cukup untuk menemukan setup yang kuat. Jadi harus ada indikator lain sebagai penyeimbang.

Wight :
Benar Cross! jangan menggunakan RSI saja, tapi kombinasikan dengan satu atau dua indikator lain, meskipun hanya dengan 50 SMA dengan setting pada level 40/60. Ini akan menjadikan RSI lebih powerful.

David :
Thanks Cross. Ya, saya sedang mencobanya dengan Moving Averages, dan sejauh ini saya menggunakan kombinasi level 34/200.
Kalau boleh saya tulis disini, saat ini saya kembali menguji kemungkinan untuk SELL ketika harga di bawah 30 dan BUY di atas 70 (secara umum).
Sejauh ini saya melihat beberapa hasil yang baik, tetapi mungkin masih harus disempurnakan.
Tentang ide asli sebelumnya, dengan Chanel RSI saya sudah 5 kali profit tanpa loss, meski salah satu nya harus saya close sebelum mengenai angka TakeProfit.

 

semoga bermanfaat
-doct-

sumber : dari sebuah forum

Leave a Reply